Puspa Baby Club

Puspa Baby Club merupakan program inovasi dari Puskesmas Pakem dalam salah satu upayanya untuk memfasilitasi para orang tua yang ingin mengetahui lebih banyak tentang cara merawat buah hatinya. Program ini sudah dijalankan dari Tahun 2018 dan masih rutin dilaksanakan setiap bulannya, yaitu setiap hari Senin (Minggu ke-3) jam 09.00 WIB di Aula Puskesmas Pakem. Sudah banyak orang tua yang sudah mengikuti program ini dan merasakan manfaatnya.

Program ini dicetuskan oleh salah satu Bidan Desa Puskesmas Pakem dan juga sekaligus PJ Imunisasi Puskesmas Pakem, yaitu Ibu Felissiana Amd.Keb. Awalnya program ini berasal dari keresahan beliau yang melihat rendahnya cakupan dan kunjungan masyarakat ke Puskesmas Pakem khususnya kunjungan bayi lengkap (K4) yaitu bayi yang telah mendapatkan layanan 2 kali pemantauan tumbuh kembang, minimal 8 kali penimbangan, 1 kali pemberian vitamin A, dan 5 imunisasi dasar lengkap pada usia 9 bulan baru mencapai 68,89% masih jauh dibawah target SPM Kabupaten Sleman 100%. Dan salah satu alasannya karena orang tua lupa jadwal yang sudah dijanjikan petugas karena jarak pemberian imunisasi sebelumnya yang relatif lama. Maka dari itu dibuatlah Program Puspa Baby Club ini sehingga petugas bisa lebih sering bertemu dengan masyarakat dan masyarakat khususnya para orangtua juga bisa menambah pemahaman mereka dalam merawat buah hatinya.

Dalam Puspa Baby Club ini ayah dan bunda dapat mempelajari banyak hal terkait perawatan sang buah hati, diantaranya :

  1. Baby Massage (Urut Bayi)
  2. Pemberian Makanan Bagi Anak
  3. Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK)
  4. Kegawat Daruratan dan Pola Asuh pada Bayi
  5. Perawatan Gigi Anak

Untuk para orangtua yang tertarik untuk ikut Puspa Baby Club bisa langsung datang ke Aula Puskesmas Pakem pada hari Senin (Minggu Ke-3) setiap bulannya, jam 09.00-12.00 WIB. Atau bisa bergabung dengan grup WA Puspa Baby Club dengan mengirimkan format : Nama Bayi_Tempat, Tanggal Lahir Bayi_Nama Orangtua_Alamat via WA ke nomor 0858-7987-6473

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *