Pentingnya Vitamin A

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme organisme. Vitamin A sendiri adalah salah satu vitamin yang berfungsi untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh, seperti mata, kulit, organ reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Sehingga penting sekali bagi kita untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, minyak kelapa sawit, mentega, bayam, minyak ikan, susu, ubi jalar, labu, melon, telur, pepaya, mangga, kacang, dll.

Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada balita dan ibu baru melahirkan (masa nifas), Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melakukan program pemberian vitamin A melalui posyandu. Vitamin A diberikan secara gratis pada bulan Febuari dan Agustus setiap tahunnya. Terdapat 2 macam kapsul yang diberikan, yaitu kapsul biru untuk bayi usia 6-11 bulan, serta kapsul merah untuk anak usia 1-5 tahun dan ibu yang baru melahirkan.

Untuk mengkonsumsi viatamin A, pastikan sesuai keterangan pada kemasan atau anjuran dokter dan pastikan vitamin yang diberikan belum kadaluarsa. (Sumber : Almatsier, Sunita. 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *