HUT PROLANIS NGUDI WARAS KE-4

 

Hari Rabu 05 Februari 2020 telah berlangsung acara HUT Prolanis Ngudi Waras Puskesmas Pakem yang ke-4, di Villa Senantiasa Kaliurang. Acara ini berlangsung sejak pagi hingga siang hari, dengan rangkaian acara dimulai dari senam prolanis bersama dan diakhiri dengan acara pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur.

Prolanis itu sendiri merupakan singkatan dari Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Yaitu berupa sistem pelayanan kesehatan, pendekatan proaktif dan pemberdayaan kepada masyarakat, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

Bentuk kegiatan prolanis yang ada di Puskesmas Pakem secara rutin dilakukan setiap hari rabu adalah konsultasi medis, aktifitas klub (senam prolanis) dan pemantauan status kesehatan (skrining). Untuk penyakit kronis sendiri merupakan istilah untuk penyakit yang sifatnya persisten atau bertahan lama, contohnya seperti diabetes dan hipertensi.

Selain mengikuti program prolanis penderita penyakit kronis juga harus melaksanakan pola hidup yang sehat dan mengamalkan CERDIK. Agar penyakitnya dapat tetap terkontrol dan terkendali. Seperti yang dikatakan Mahatma Ghandi “Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak”. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *