BIMTEK PEMANTAUAN PERTUMBUHAN

Pada bulan Juli telah dilaksanakan Bimtek Pemantauan Pertumbuhan bagi Kader Posyandu di Ruang Aula Puskesmas Pakem. Total kader yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 72 orang, yang merupakan perwakilan dari 72 Posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Pakem. Agar penerapan jaga jarak dalam protokol kesehatan dapat terlaksana, maka kegiatan Bimtek ini dibagi menjadi 3 gelombang yang masing-masing dihadiri oleh 24 kader, yakni pada :

  • Gelombang 1, tanggal 17-18 Juli 2020
  • Gelombang 2, tanggal 21-22 Juli 2020
  • Gelombang 3, tanggal 24-25 Juli 2020

Kegiatan Bimtek ini dilaksanan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemapuan kader, khususnya kader-kader posyandu baru dalam memberikan pelayanan di posyandunya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

Setiap peserta yang hadir akan arahkan oleh petugas untuk cuci tangan dan dilakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermometer infrared. Sebelum kegiatan dimulai, petugas menyampaikan kembali pesan khusus terkait penerapan protokol kesehatan, meliputi :

  1. Peserta wajib memakai masker
  2. Jaga jarak minimal 1 meter antar peserta
  3. Tidak bersentuhan secara fisik antar peserta
  4. Sering mencuci tangan pakai sabun/handsanitizer
  5. Menerapkan etika batuk/bersin

Pada hari pertama, disampaikan materi terkait : pentingnya pemantauan pertumbuhan, sistem 7 langkah di posyandu, pengukuran antropometri, cara pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) balita, dan tindak lanjut hasil penimbangan balita. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan praktik pada hari ke-2.

 

 

 

 

 

 

 

Saat sesi praktek, peserta diminta untuk melakukan pengukuran antropometri, pengisian KMS balita, dan melakukan konseling. Pada saat paraktek konseling, kader dianjurkan untuk lebih banyak mendengarkan dan mempelajari responden, selain itu juga belajar membangun kepercayaan diri dan memberikan dukungan.

Kegiatan Bimtek diakhiri dengan bersama-sama membuat kesepatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan Bimtek Pemantauan Pertumbuhan, yang meliputi :

  1. Mensosialisasikan ilmu
  2. Menerapkan ilmu dan keterampilan di posyandu masing-masing
  3. Memberikan masukan pada kader yang lain untuk melakukan 7 langkah posyandu
  4. Menggunakan lembar balik, di langkah 4 posyandu
  5. Tetap aktif sebagai kader posyandu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *